Sabtu, 04 Juni 2011

Kete' Kesu Wisata Rumah Adat Tanah Toraja




Kete’ Kesu’ adalah obyek wisata yang populer di Toraja.  Obyek wisata ini terletak di kampung Bonoran yang berjarak sekitar 4 km dari Kota Rantepao dan telah ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya. Untuk mencapai Kete' Kesu bisa dipakai kendaraan pribadi atau angkutan umum dari Pasar Bolu. Jarak tempuh dari Rantepao sekitar 20 menit.
Kete'Kesu berarti 'pusat kegiatan'. Sebutan itu sesuai dengan apa yang bisa di temui di sana, yaitu adanya perkampungan, tempat kerajinan ukiran, dan kuburan. Pusat kegiatan adalah deretan rumah adat yang disebut 'tongkonan', berasal dari kata 'tongkon' yang berarti 'duduk bersama-sama'. Deretan tongkonan ini (sebagian masih dihuni), berhadapan dengan deretan lumbung padi yang disebut 'alang'.
Di Kete' Kesu juga terdapat pengukir-pengukir yang handal membuat ukiran untuk rumah adat, hiasan dinding, souvenir, dan tau-tau (patung untuk menghormati orang meninggal yang dikuburkan). Di Kete' Kesu juga terdapat dua jenis kuburan, yaitu kuburan di bukit batu dan kuburan yang berupa bangunan. Kuburan di bukit batu ini sudah sangat tua. Tumpukan 'erong' (peti mati) sudah banyak lapuk, dan tulang-tulang berserakan di alam terbuka. Yang dimakamkan di sini terhitung saudara dan sanak famili.
Keistimewaan Kete' Kesu adalah bangunannya yang benar-benar masih asli, ditandai dengan atapnya yang terbuat dari anyaman daun. Pada bangunan-bangunan tradisional yang baru, banyak digunakan atap seng sebagai pengganti anyaman daun. Di Kete' Kesu juga terdapat semua unsur pentin dalam budaya masyarakat Toraja, yaitu tongkonan (rumah), alang (lumbung padi), kuburan, dan tempat pembuatan kerajinan ukiran.

17 komentar:

  1. ternyata Indonesia kaya akan tempat wisata yang menarik dan amazing.
    selain itu juga bersejarah.
    ^^

    BalasHapus
  2. objek wisata yg sngt bgus. Sy sgt trtrik dgn ke indhn alm tnh toraja.tp kpn yah sy bru bisa menginjakan kaki di tanah toraja…..,?

    BalasHapus
  3. Kete'Kesu....yang kereeeeeen...

    BalasHapus
  4. mamali'liu mo'dikka' lako toraya, piran opaa ku sule ...

    BalasHapus
  5. nang melo liu te tondokku, tondok mala'bi nanai Indo' Ambe'ku sia mentu' to ku kaboroi'

    BalasHapus
  6. salam ku untuk toraja indah...

    BalasHapus
  7. salama ko mi sola nasang leh............

    BalasHapus
  8. misa' kada di po tuo pantan kada di pomate....

    BalasHapus