Kamis, 09 Juni 2011

Londa Wisata Kuburan Gua Tana Toraja


Londa adalah kuburan yang berupa gua alam. Londa terletak di desa Sendan Uai, kecamatan Sanggalai, berjarak 7 kilometer di sebelah Selatan kota Rantepao, ibukota Kabupaten Tana Toraja. Londa dapat di capai dengan kendaraan pribadi dari kota Rantepao. Dari jalan raya yang menghubungkan kota Rantepao dan Makale, masuk ke timur melalui jalan beraspal yang cukup bagus.
Gua ini memiliki kedalaman sekitar 1000 meter, gelap, dibeberapa tempat naik turun cukup terjal, dan sebagian hanya memiliki ketinggian sekitar 1 meter sehingga orang harus membungkuk melewatinya. Di dalam gua terdapat ratusan tengkorak dan ribuan tulang belulang yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Banyak juga peti-peti mati yang masih baru. Udara di dalam gua terasa sejuk, tidak pengap ataupun berbau meskipun di dalam gua terdapat banyak mayat.
Keistimewaan Londa adalah salah satu kuburan yang sudah sangat tua yang menjadi tempat menarik untuk di kunjungi.

17 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. oh kampungku........ jadi rindu pulang.......

    BalasHapus
  3. londa membuatku terkagum-kagum....

    BalasHapus
  4. mari pelihara toraja indah kita

    BalasHapus
  5. Salama mamaliQ... Lako kita sola nasang....

    BalasHapus
  6. Mt pg buat mua penghuni, TORAJA.. GBU ALL

    BalasHapus
  7. inang maballo tu toraya banua torayanna.alangna.tedong silaganna.pokona budapa yato.

    BalasHapus
  8. beautifull Place in the World
    I miss U

    BalasHapus
  9. berharap ada yang mengajakku ke londa - toraja

    BalasHapus
  10. Tondok toraya, tondok kadadian ku na nei torro indo' sia ambe'ku, tae' susinna sia tae' padanna toraya maballo inan lamuna lolo ku. . I love toraja. . Damai sejahtera adil dan makmur. . .

    BalasHapus
  11. Romeo & Juliet Versi Toraya ada di goa londa

    BalasHapus